• Jam Kerja: 19:00-22:00 WIB
  • Hari Kerja: Senin- Sabtu
  • Office Phone: (024) 7690 2880
Delay atas laporan arus kas bulan Juli 2018

Delay atas laporan arus kas bulan Juli 2018

Memperkenalkan Perhitungan Arus Kas V.-03 (Versi ke-3)

Halo, investor. Mohon maaf atas keterlambatan laporan arus kas bulan Juli 2018 ini. Kami melakukan perubahan yang signifikan pada perhitungan arus kas ini dan mengeluarkan kebijakan baru untuk kepentingan bersama. Pastinya, setiap perubahan sistem di bagian tertentu atau adanya kebijakan yang baru, sistem kerja terkait lain nya harus di ikut di ubah juga agar bisa berjalan dengan sinkron satu sama lain. Dikarenakan banyak nya perubahan yang kami lakukan, yang membuat sistem lain juga harus di ubah juga, karena itu terjadi delay atas laporan arus kas di bulan Juli 2018 ini. Perubahan utama pada arus kas dibagi menjadi dua kategori berikut:

  • Akurasi perhitungan. Kami membuat perhitungan yang ada di arus kas menjadi lebih tajam dan lebih meluas lagi. Hal ini mencakup banyak aspek, yang dimana akan dijelaskan di poin- poin dibawah ini nanti.
  • Penambahan beberapa fitur baru yang penting. Fitur ini kebanyakan diadakan karena adanya penambahan fitur atau kebijakan di bagian lain. Poin- poin fitur baru akan dijelaskan dibawah ini nanti.

Lebih detail nya mengenai dua jenis upgrade atas perhitungan arus kas diatas, bisa dilihat dibawah ini:

  1. Minimal Transfer ke Investor dan CO Founder: Penetapan kebijakan minimal transfer ke investor dan CO Founder. Kini STASASHI mengeluarkan kebijakan baru mengenai minimal transfer ke Investor, yaitu sebesar Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah). Apabila dana PPH yang dikumpulkan dari investor belum mencapai angka tersebut, maka dana ini belum bisa kami transfer. Alasan penambahan kebijakan ini tentu saja sebagai efisiensi kerja. Dikarenakan kami masih menggunakan transfer secara manual, jadi agar tidak berulang kali transfer nominal yang kecil, kami membulatkan nominal transfer ini.
  2. Perhitungan PPH CO Founder: Sekarang, CO Founder bisa melihat perhitungan atas PPH yang di dapatkan untuk masing- masing startup yang dikola dengan detail.
  3. Hutang gaji tiap jam untuk CO Founder. STAR SHARE kini mengeluarkan kebijakan untuk memberikan hutang gaji kepada CO Founder yang ikut serta dalam melakukan pengembangan startup. Hutang gaji ini akan diberikan sesuai kebijakan hutang gaji CO Founder. Hutang gaji ini, tidak diberikan tiap bulan, namun diberikan dalam kondisi tertentu.
  4. Monitoring validitas laporan. Digunakan untuk menentukan apakah terdapat input data yang salah dalam memasukan nya ke perhitungan arus kas.
  5. Alokasi pengeluaran. Digunakan untuk menghitung pengeluaran yang ditujukan ke biaya Development atau Operasional guna menentukan laba bersih yang valid.
  6. Penambahan pengeluaran untuk gaji CEO sebesar setara dengan UMR di kota tempat dia tinggal. Tujuan utama atas kebijakan ini tidak semata- mata menggaji CEO, tetapi karena di waktu- waktu sebelumnya, banyak nominal kas keluar yang tidak tercacat dengan baik. Arus kas yang tidak tercatat ini, menggunakan dana pribadi dari CEO. Tentu saja, tidak masalah apabila hanya beberapa puluh ribu saja yang harus di korbankan dari kas pribadi CEO untuk kepentingan perusahaan. Tetapi, apabila hal ini terjadi terus- meners, maka hal ini harus di antisipasi. Gaji CEO ini akan digunakan untuk menutup pengeluaran yang bocor di waktu sebelum nya dan diwaktu mendatang.
  7. Alokasi pengeluaran global yang dialokasikan ke setiap startup yang aktif dengan sama rata. Jika terdapat pengeluaran global, seperti gaji Staff yang tidak hanya membantu satu startup saja, tetapi termasuk membantu semua startup dalam aktivitas kerja nya, maka pengeluaran ini akan dialokasikan ke biaya Development/ Operasional kepada setiap startup.
  8. Perubahan pada format nomor dokumen. Baik itu dokumen pengeluaran, gaji, dll. Kami merapikan arsip dan dokumen kami dengan lebih terstruktur.
  9. Perubahan pada format nomor dokumentasi lampiran. Sebelum nya, kami menyertakan link di setiap lampiran yang kami cantumkan di arus kas. Kini, semua lampiran tersebut kami upload ke sebuah Folder Online, yang bisa di lihat secara keseluruhan. Sedangkan keterangan di arus kas nya, kami cantumkan nomor dokumen nya saja.
  10. Rekap data rekening keseluruhan. 4 buah nomor rekening penerima pembayaran dari berbagai anak perusahaan yang dikelola STAR SHARE akan di tunjukan untuk memberi penjelasan mengenai setiap dana yang masuk ke rekening tersebut.
  11. Alokasi pengeluaran ke masing- masing Startup. Termasuk ke jenis pengeluaran nya (Development/ Operasional).
  12. Pembagian jenis nota pengeluaran: Fisikal dan Digital.
  13. Perhitungan alokasi pemasukan pada rekening- dana masuk.
  14. Section overview/ rangkuman setiap laporan. Memudahkan untuk melihat laporan secara keseluruhan. Hal ini terdapat di perhitungan arus kas utama, arus kas startup maupun perhitungan PPH CO Founder.
  15. Perhitungan potongan untuk STASASHI sebanyak 20%.
  16. Perhitungan laba/ rugi setiap startup yang dimasukan ke dalam potongan budget utama (budget yang tersisa) di startup tersebut.
  17. Pembagian hasil lebih terperinci atas PPH sesuai dengan SPK.
  18. Fitur falidasi transfer. Digunakan untuk kemungkinan kejadian tidak di inginkan, dimana mungkin bagian Administrasi/ Finance, salah melakukan transfer ke Investor. Nilai nya bisa di masukan di dalam kolom ini.
  19. Rincian saldo akhir dan saldo awal. Dikarenakan terdapat nominal minimal transfer, maka saldo awal dan saldo akhir perlu di hitung dan di dokumentasikan juga.
  20. Perhitungan kelayakan jam kerja untuk CO Founder. Spreadsheet arus kas ini juga mencakup kelayakan jam kerja yang harus dipenuhi oleh CO Founder. Setiap CO Founder harus melakukan aktivitas kerja minimal 4 jam dalam satu hari. Apabila tidak, maka perhitungan absen nya bisa langsung dilihat di section ini.
  21. Perhitungan validasi absensi untuk CO Founder. Apabila CO Founder tidak melakukan laporan, ataupun melakukan aktivitas kerja kurang dari jam yang telah ditentukan, maka hal tersebut bisa di monitoring disini.
  22. Overview rincian jumlah transfer. Digunakan oleh bagian Finance/ Administration dalam memudahkan transfer ke Investor maupun CO Founder.

Demikian sekiranya 22 fitur baru yang kami tambahkan di perhitungan arus kas, yang membuat perhitungan di bulan ini menjadi terlambat. Dalam praktek nya mengimplementasikan ke-22 tambahan fitur tersebut bukanlah mudah. Hal tersebut kami lakukan dari tanggal 5 Juli s/d 20 juli 2018, dengan waktu kerja rata- rata 5 jam/ hari untuk bisa menyelesaikan nya.

This Post Has One Comment

  1. Terimakasih sangat bermanfaat sekali, di versi ke 3 ini sangat mudah di pahami oleh semua kalangan

Leave a Reply

Tutup Menu
×
×

Basket

Basket